SEKAPUR SIRIH

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillah Puja dan Puji Syukur selalu saya panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala, karena dengan petunjuknya saya dapat berbagi melalui Blog ini dengan harapan apa yang telah saya buat dan saya ketahui dapat memberikan manfaat baik bagi diri saya dan semua pembaca Blog ini. Tentunya tulisan dan apa yang ada dalam blog ini semata-mata saling mengisi wawasan pengetahuan semua pembaca,terutama guru dan siswa di sekolah yang sistem pendidikannya menggunakan Kurikulum 2013.
Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan tekhnologi, harapannya agar dapat meningkatkan kompetensi baik guru maupun siswa, sehingga dapat bersaing dengan negara-negara yang mempunyai Peringkat pendidikan terbaik dunia seperti Korea Selatan dan Finlandia dalam Reading (semangat membaca), menguasai pengetahuan Matematika dan Sains-nya. 
Oleh karena itu, saya hanya dapat berdo'a, semoga Blog ini dapat memberikan inspirasi,motivasi buat para pembaca untuk maju dengan belajar khususnya "Matematika dalam kurikulum 2013 Menuju Generasi Emas bangsa Indonesia di masa yang akan datang" dalam ridho dan lindungan Allah Subhanahu Wata'ala.
Terkait dengan istilah Matematika, Matematika merupkan ahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskan pembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil perbandingan antara yang kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaan ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013.
Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi keterampilan berpikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.
Demikian pengantar Blog yang saya buat ,semoga bermanfaat.Selamat menjelajahi Laman yang ada dalam Blog ini.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

1 komentar: